Rabu, 12 Oktober 2011

tulisan bahasa indonesia 2 softskill nama:suci lestari kelas:3 eb 16

Dokumentasi Evolusi Komik Indonesia

​ Komik sudah masuk ke Indonesia dari sebelum zaman kemerdekaan. Terbukti sudah adanya komikus-komikus Tionghoa yang melukis dan membubuhkan teks dalam bahasa Indonesia-Melayu dalam sebuah komik. Tercatat dalam sejarah perkomikan, strip si Put On karya Kho Wang Gie diperkenalkan sejak awal tahun 1931 lewat halaman bawah depan koran Sin Po.

Komik Indonesia terus berkembang dan berubah mengikuti laju berbagai aliran seni dan peristiwa politik yang negara ini alami. Komunitas Komik Indonesia bekerja sama dengan himpunan seniman komik Akademi Samali telah mengumpulkan dokumentasi berharga yang menjejaki evolusi ini. Dokumentasi tersebut akan dipamerkan di Galeri IFI dari tanggal 18 sampai 31 Oktober 2011 nanti. Arsip-arsip berharga ini menawarkan sebuah retrospektif yang istimewa mengenai sejarah komik Indonesia.

Setelah penyelenggaraan workshop Januari lalu, yang dipandu oleh komikus Prancis Simon Hureau dan pameran komik hasil karya peserta pelatihan, Akademi Samali dan IFI kembali memberikan perhatian yang patut kepada bidang seni ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar