Selasa, 12 April 2011

Agar Rambut Hitam Sampai Tua

Agar Rambut Hitam Sampai Tua

Munculnya uban pertanda seseorang telah tua. Ternyata secara sains penyebab memutihnya rambut ini bisa diketahui dan bisa dihambat. Caranya pun bukan lagi penemuan baru, nenek moyang kita mengetahui dan menerapkannya turun temurun.

Tapi memang butuh ketelatenan. Anda pecinta kecantikan? Lewati tantangan ini dengan menjaga rambut Anda tetap hitam sampai tua!

Nutrisi
Pastikan asupan gizi Anda cukup mendukung pertumbuhan rambut sehat. Nutrisi yang Anda perlukan vitamin A dari buah dan sayur berwarna jingga; vitamin B dari sayur hijau, yogurt dan pisang; mineral dari daging merah, telur dan seafood; serta protein dari biji-bijian, daging dan kacang-kacangan. Kurang nutrisi menyebabkan kualitas rambut yang jelek.

Perawatan
Uban terjadi karena sintesa protein yang gagal. Rambut menjadi putih ketika pigmen warna tidak berfungsi lagi. Namun hal ini bisa dicegah dengan mengondisikan rambut dan kulit kepala agar tetap berfungsi maksimal. Beberapa perawatan yang telah terbukti dan dilakukan secara turun temurun adalah berikut ini.

* Campurkan minyak kelapa dan air perasan jeruk lemon, pijat rambut dan kulit kepala dengan campuran ini selama 15 menit setiap harinya. Kabarnya, rambut yang sudah beruban pun bisa kembali hitam dengan cara ini.

* Buat larutan teh hitam yang sangat kental, kemudian tambahkan 1 sdm garam. Setelah dingin, gunakan larutan teh untuk memijat akar rambut dan kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih satu jam, kemudian bilas dengan air dingin. Tidak perlu mencucinya lagi dengan sampo.

* Hindari sampo atau produk perawatan rambut yang mengandung sodium lauryl sulfate. Untuk sehari-hari, gunakan sampo yang lembut dan melembabkan. Jangan lupa untuk pijat kulit kepala Anda setiap kali keramas untuk melancarkan aliran darah di kulit kepala.


Stres
Stres memang merusak segala hal dalam kehidupan, termasuk kecantikan kulit dan rambut Anda. Stres membuat seseorang tidak bisa menjalani hidup sehat dengan teratur, padahal kurang nutrisi, kecemasan, penderitaan dan berada dalam tekanan bisa menurunkan produksi melanin, si pigmen warna. Kurangnya melanin menyebabkan rambut memutih walaupun belum berusia lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar